Memulai usaha sendiri memang bukan hal mudah. Sulitnya menarik pelanggan dan membuat produk laris manis jadi momok menakutkan bagi wirausahawan. Tapi tidak ada yang mustahil jika kita mau berusaha. Misalnya dengan mengembangkan cara jualan yang bisa menarik pelangan. 

Nyatanya, bukam hanya iklan atau brosur yang bisa membuat pelanggan melirik usaha kita. Lalu, apa saja senjata yang bisa digunakan untuk membuat usaha laris manis? simak penjelasannya berikut ini, ya!

TAKING BUSINESS MANAGEMENT AS A MAJOR

6 Cara Jualan Sukses Laris Manis

Berikut beberapa tips berjualan yang bisa kamu gunakan:

Produk berkualitas

Customer tidak sekadar mencari produk yang bisa dipakai, tapi juga produk yang berkualitas dan bermanfaat. Kamu bisa memulai langkah ini dengan mengidentifikasi produk, buat list manfaat apa saja yang bisa customer dapatkan dari produk kamu, serta buat kelebihan menonjol dari produk yang kamu tawarkan.

Buat target customer secara spesifik

Sebenarnya, jenis customer seperti apa yang akan membeli produk? jawab pertanyaan tersebut dengan mendefinisikan target customer berikut ini:
– Berapakah rata-rata usia customer kamu?
– Produk ditawarkan kepada pria? wanita? atau unisex?
– Berapakah penghasilan target customer kamu?
Cari custumer service sesuai dengan kebutuhan diatas.

Gunakan konten sebagai media promosi

Cara jualan terkini yang tidak boleh terlewat ialah menggunakan konten dan media sosial sebagai ajang promosi. Cara promosi ini minim biaya bahkan gratis. Kamu bisa menggunakan media TikTok, instagram, facebook, dan lainnya. Cara ini juga bisa membuatmu mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

Pelajarai cara negosiasi

Seorang wirausahawan andal punya kemampuan memberikan “win-win solution” atau keuntungan bagi dua belah pihak. Hal ini disebut juga dengan negosiasi. Negosiasi yang baik akan mampu membuat pelanggan menjadi tertarik karena merasa diuntungkan.

Hal wajib yang perlu dimiliki negosiator:
– mampu memberikan pertanyaan tepat
– punya strategi dan persiapan matang
– sabar

Belajar dari kesalahan

Jika hasil tidak sesuai dengan harapan, jangan mudah menyerah. Kenapa? sebab, mental wirausahawan juga termasuk cara jualan yang ampuh.

Identifikasi kekurangan produk maupaun kesalahan yang pernah dibuat, cari celah untuk memperbaiki, dan lakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas produk maupun pelayanan.

Strategi marketing yang sesuai

Menyusun strategi adalah bagian dari cara jualan yang tidak boleh dilupakan. Mulai dari menyusun headline marketing hingga menjelaskan produk secara singkat, padat, dan jelas. Gunakan variasi headline marketing  yang sesuai dengan buyer persona produk kamu.

Bingung mau mulai dari mana? tidak ada kata terlambat untuk belajar. Kamu bisa memulai dengan program S1 di kampus iSB. Program Bisnis & Kewirausahaan dirancang untuk mengembangkan keterampilan manajemen dasar dan kemahiran dalam bahasa bisnis.

Kamu akan dilatih bagaimana cara jualan untuk menjadi wirausahawan dengan pengetahuan luas. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan bekal berupa pengalaman internasional untuk memperluas jaringan dan perspektif. Siap untuk jadi wirausahawan go international? mulai dari sekarang!

Study Digital Marketing for Your Bachelor's Degree (S1)

Baca Berita Lainnya