Double Degree Program, Perlukah?

Persaingan dunia kerja yang semakin ketat mengharuskan kamu untuk memiliki nilai lebih jika ingin mendapatkan kualifikasi lebih bagus. Selain dari pengalaman kerja, pendidikan juga menjadi faktor penting sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk merekrut karyawan. Maka dari itulah, lulusan luar negeri biasanya lebih diminati oleh perusahaan.

Walaupun lulusan luar negri lebih diminati, akan tetapi mahasiswa dalam negeri pun masih bisa mendapatkan nilai lebih. Salah satunya adalah dengan mengikuti program double degree atau mengambil beberapa konsentrasi studi sekaligus.

Sistem kuliah seperti ini memiliki banyak sekali manfaat dan keuntungan, akan tetapi juga membutuhkan konsentrasi dan manajemen waktu yang tepat. Nah, bagi kamu yang penasaran keuntungannya apa saja, simak ulasan berikut:

 

 

 

 

Keuntungan Kuliah Double Degree

Double degree merupakan program yang dibuat pemerintah untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan perguruan tinggi. Program ini di maksudkan agar universitas mampu mencapai World Class University (WCU). 

Kuliah dengan mengambil beberapa jurusan sekaligus memang terlihat berat dan tidak semua orang bisa melakukannya. Akan tetapi jika kamu mau mencoba, akan banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Beberapa keuntungan tersebut antara lain seperti berikut ini:

1. Nilai Tambah Saat Melamar Kerja

Salah satu keuntungan dari kuliah program double degree adalah menjadi nilai tambah ketika melamar kerja. Pengalaman studi di dua tempat sekaligus akan mampu memberikan dampak positif terhadap karir masa depan. Lulusan dua jurusan studi sekaligus biasanya akan memiliki nilai lebih di mata HRD ketika melamar kerja. HRD akan menganggap kamu memiliki disiplin dan motivasi kerja yang lebih bagus dibandingkan lulusan biasa.

2. Memperluas Relasi

Dengan kuliah di dua jurusan sekaligus, tidak hanya akan memperluas pengetahuan, akan tetapi juga bisa memperluas relasi dan jaringan. Program ini tidak hanya bisa dilakukan di kampus yang ada di dalam negeri saja, akan tetapi juga bisa dengan kampus di luar negeri. Dengan cara ini, kamu bisa memperluar jaringan dan pertemanan yang nantinya akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan karir di masa depan.

3. Fasih Berbahasa Asing

Program double degree tidak hanya dapat dilakukan antara kampus di dalam negeri. Kamu juga bisa memilih kampus yang ada di luar negeri. Dengan program ini, kamu akan dituntut untuk belajar bahasa asing demi lancarnya proses pembelajaran. Kemampuan bahasa asing yang mumpuni bisa menjadi nilai lebih ketika melamar kerja. 

Beberapa perusahaan besar memasukkan kemampuan bahasa asing sebagai kualifikasi utama jika ingin bekerjasama. Dengan memiliki kemampuan berbahasa asing yang mumpuni, kesempatan kamu untuk bisa bekerja di perusahaan ternama akan semakin terbuka lebar. Bahasa asing yang bagus juga akan membuat relasi kamu semakin luas dan memiliki nilai lebih di mata orang lain.

4. Mengasah Kemampuan Manajemen yang Baik

Mahasiswa yang mengambil program jurusan sekaligus pastinya akan memiliki aktivitas dan jadwal belajar yang lebih padat dibandingkan dengan mahasiswa umumnya. Hal ini menuntut mahasiswa untuk memiliki kemampuan manajamen yang baik terutama untuk membagi waktu belajar.

Dengan kemampuan manajemen yang diasah sejak kuliah, akan membentuk pribadi yang lebih disiplin. Ketika bekerja, pribadi seperti ini akan memiliki motivasi bekerja yang lebih tinggi.

Mengambil kuliah program double degree memang tidak mudah. Selain membutuhkan biaya kuliah dua kali lipat, kamu juga dituntut untuk belajar lebih keras dibandingkan dengan mahasiswa pada umumnya. Akan tetapi semua kerja keras tersebut akan terbayar ketika sudah lulus. Lulusan program dua jurusan memiliki nilai lebih sehingga bisa bersaing di masa depan. Jadi apakah kamu tertarik untuk mengambil program tersebut?

Baca Berita Lainnya